Masa Kecil

Cergam ini aku sebut sebagai Sastra-Grafis, cuma buat main-main aja. Tapi malah jadi suka dan keterusan buat eksprimen dengan medium komik ini. Cergam ini pernah diikutkan dalam perlombaan ngomik di KomikAsia ITB tahun berapa, ya? 2002 atau 2003 gitu sepertinya. Gak sempat datang waktu pamerannya, tapi teman-teman ada ngikutin sambil liburan di bandung. Dari sana jadi tau Dr.Muliyadi yang sekarang jadi supervisor thesis aku dan juga rupanya Kosei Ono yang jadi pembicara disana adalah pemerhati komik, ayahnya Saseo Ono adalah tentara yg pelukis, selama bertugas di Bandung. Begitulah lika-liku cergam ini, dapet penghargaan sebagai Five Best, dan juga duit lumayan untuk cergam 8 halaman. Ke Bandung ngambil piala segala, agak besar untuk di bawa-bawa, jadinya dipretelin dimasukin ke tas koper.

Cergam ini sendiri tanpa sengaja mirip dengan puisi Joko Pinurbo, berjudul Masa Kecil juga. Akhirnya sempat berhubungan melalui email, dan aku kirim cergam ini buat penyair favoritku itu. Haha... Sebenarnya didalam cergam ini ada karakter Gina dari Gerdi WK, tapi sampai sekarang belum berkesempatan untuk bertemu dengan beliau.
Cerita cergam ini hanya fragmen-fragmen dari mimpi-mimpi yang aku tuangkan dalam bentuk cerita bergambar. Didalamnya adalah orang-orang yang dekat denganku semenjak kecil. Rasa kehilangan Kakek masih membayang, dan foto-foto masa kecil menjadi inspirasiku, karena tanpa foto-foto itu kenangan hanya akan menjadi lembaran kosong belaka.

Comments

Popular Posts